TENTANG IT CULTURE FESTIVAL 2021
Latar Belakang
Perguruan Tinggi merupakan lembaga pendidikan formal yang mengemban amanah untuk menciptakan masyarakat akademik yang cakap ilmu dan menjadi agen perubahan sosial (agent of social change). Perguruan Tinggi juga secara formal merupakan pendidikan lanjutan yang mempunyai perbedaan cukup mendasar dengan pendidikan formal sebelumnya yaitu pendidikan menengah yang terdiri dari pendidikan menengah umum dan pendidikan menengah kejuruan baik yang berbentuk Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Aliyah Keagamaan.
Dalam rangka mempersiapkan calon mahasiswa baru program studi Sarjana Teknologi Informasi IT Telkom Surabaya, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri membuka peluang bagi para siswa/i di tingkat SMA/SMK Sederajat untuk saling mengembangkan bakat ataupun ilmu yang telah diserap selama di sekolah dengan berani mengikuti kompetisi yang diadakan oleh program studi IT kampus kami.
Mahasiswa merupakan salah satu penggerak roda perjalanan kampus yang akan menentukan nilai mutu kampus kedepannya. Dalam hal ini sebelum masuk ke dunia perkuliahan IT, khususnya prodi IT kampus IT Telkom Surabaya, para calon mahasiswa baru akan dapat mengenal lebih awal terkait bagaimana semua sistematika, tata tertib, serta kehidupan yang ada di kampus ITTelkom Surabaya khususnya Program Studi S1 Teknologi Informasi secara terbuka bagi calon mahasiswa baru. Tahun ini menjadi ajang kompetisi perdana yang diselenggarakan dengan mengangkat judul IT Culture Festival ITTelkom Surabaya dengan tema “Pemanfaatan Kekuatan IoT untuk Mengembangkan Teknologi Cerdas”.
Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan IT Culture Fest antara lain:
- Menambah ilmu dan pengalaman baru bagi para siswa tingkat SMA/SMK Sederajat.
- Mewadahi bagi para siswa SMA/SMK Sederajat untuk mengapresiasi kemampuan yang dimiliki khususnya pengetahuan tentang IoT di sekolah sesuai tema yang diangkat.
- Melatih kemampuan dalam mengikuti kompetisi berbasis teknologi yang diadakan oleh FTII Fest IT Telkom Surabaya program studi Teknologi Informasi dengan skenario IoT
Penanggung Jawab
- Perguruan Tinggi Institut Teknologi Telkom Surabaya
- Fakultas Teknologi Informasi dan Industri (FTII)
- Program Studi Teknologi Informasi
Penjelasan Umum
Deskripsi Lomba
IT Culture Festival adalah lomba penerapan IoT di bidang Transportasi, Maritim, Logistik, Kesehatan serta sebagai bagian dari FTII (Fakultas Teknologi Informasi dan Industri) Festival dalam rangka memperingati hari ulang tahun FTII yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HIMATISI) Institut Teknologi Telkom Surabaya. Lomba ini bertujuan untuk mengenalkan IoT di kalangan SMA/SMK sederajat, serta mendorong peserta untuk turut memberikan ide dan gagasan kreatif dari inovasi yang sudah ada berupa video kreasi.
Tema
Demi mewujudkan tujuan diadakannya IT Culture Festival, pembuatan video mengusung tema “Pemanfaatan Kekuatan IoT untuk Mengembangkan Teknologi Cerdas”, dengan sub tema sebagai berikut :
- Transportasi
- Maritim
- Logistik
- Kesehatan
Persyaratan Umum
Ketentuan Peserta
- Setiap peserta merupakan siswa/i aktif (SMA, SMK, MA sederajat) di Indonesia (ditandai dengan scan Kartu Tanda Pelajar yang masih aktif atau surat keterangan siswa aktif).
- Setiap peserta dapat bersifat perorangan (individu) atau tim (maksimal dua orang).
- Setiap anggota dalam satu tim diperbolehkan berbeda sekolah dan beda angkatan.
- Peserta merupakan siswa aktif ketika lomba berlangsung, jika didapati oleh panitia bahwa peserta sudah lulus maka akan dikenakan sanksi berupa diskualifikasi.
- Peserta dilarang multi-team (1 orang tergabung dalam 2 kelompok).
- Peserta wajib mendaftarkan diri melalui formulir online berikut ini: http://bit.ly/PendaftaranITCultureFest.
- Peserta harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, jika tidak panitia berhak mendiskualifikasi peserta dari lomba.
Ketentuan Video
- Peserta membuat video ide / gagasan berupa (Animasi, Short Movie, Motion Graphic,
dll) dengan tema “Pemanfaatan Kekuatan IoT untuk Mengembangkan Teknologi
Cerdas”. - Peserta membuat video ide / gagasan sekreatif dan semenarik mungkin.
- Video bersifat orisinal.
- Video berdurasi 3 – 10 menit tidak termasuk bumper dan kredit, tidak kurang dan/atau
tidak lebih. - Video tidak mengandung unsur negatif (SARA, Pornografi, Plagiarisme, intoleransi,
fitnah dan kekerasan). - Video harus memuat logo IT Telkom Surabaya, dan juga jurusan Teknologi Informasi
Institut Teknologi Telkom Surabaya. Tersedia di dalam drive berikut ini:
http://bit.ly/PanduanITCultureFest. - Video yang telah jadi diupload di Youtube dan dapat diakses publik dengan format: Judul gagasan/ide_Sub Tema_nama tim. Deskripsi video: nama anggota dengan tagar #FTIIFEST #INFORMATIONTECHNOLOGYITTS #ITTELKOMSBY #ITCultureFest
- Video yang diupload adalah video yang belum pernah dilombakan sebelumnya.
- Waktu pengiriman video adalah 4 – 14 Maret 2021.
- Satu tim hanya mengunggah 1 video di Youtube.
- Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia.
- Jika mendapatkan ide/ gagasan dari beberapa sumber, harap memasukkan sumber
video. - Pengumpulan URL video youtube dikumpulkan melalui formulir berikut :
http://bit.ly/VideoITCultureFest.
Presentasi Lomba
- Presentasi lomba berlangsung pada tanggal 20 Maret 2021.
- Tim finalis akan presentasi sesuai nomor urut yang ditentukan saat technical
meeting. - Semua peserta wajib melakukan presentasi ide/gagasan menggunakan power
point di hadapan juri. - Peserta wajib mengaktifkan kamera.
- Peserta wajib menggunakan akun Zoom masing-masing.
- Peserta yang tidak mengikuti presentasi akan dianggap mundur.
- Peserta bersiap 10 menit sebelum presentasi, panitia akan memanggil tim
presentasi melalui grup whatsapp. - Saat presentasi diharapkan peserta menggunakan bahasa yang sopan.
- Peserta yang dipanggil 3 kali dalam rentang waktu 5 menit dan tidak ada
keterangan, maka akan dipindah ke urutan terakhir dan dikurangi nilai 10%*, jika
masih tidak ada maka akan didiskualifikasi. - Finalis dipersilakan menjawab pertanyaan dari juri pada waktu yang ditentukan.
- Peserta diharuskan menggunakan pakaian bebas, sopan, dan rapi.
- Ketentuan penamaan zoom dan quiz materi webinar sebagai berikut :
- K(Nomor Urut)_Nama Lengkap.
- Contoh penamaan : K(04)_Indra Cahya.
Kode K(04) merupakan nomor urut presentasi yang diundi pada saat technical
meeting tanggal 16 Maret 2021.
- Waktu presentasi berlangsung selama 20 menit yang terdiri dari :
- Pemaparan materi (10 menit).
- Tanya jawab (10 menit).
- Setelah presentasi peserta dapat meninggalkan ruang pertemuan video
conference.
Webinar dan Pengumuman Pemenang
- Webinar dan pengumuman pemenang berlangsung pada tanggal 21 Maret 2021.
- Peserta wajib mengikuti webinar dari awal sampai akhir.
- Dilaksanakan menggunakan ruang pertemuan daring video conference by Zoom
Meeting dengan link menyusul di grup whatsapp. - Peserta diwajibkan mengaktifkan kamera saat acara berlangsung.
- Saat tidak berkepentingan, microphone zoom wajib off.
- Panitia berhak mematikan microphone agar kegiatan dapat berjalan kondusif.
- Peserta diperbolehkan bertanya tentang materi pada waktu yang ditentukan
menggunakan raise hand. - Pada saat bertanya diharapkan para peserta menggunakan bahasa yang sopan.
- Hasil penilaian dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Timeline
No. | Tanggal | Acara |
1. | 20 Februari – 03 Maret 2021 | Pendaftaran Lomba |
2. | 04 – 14 Maret 2021 | Pengumpulan Video |
3. | 15 Maret 2021 | Pengumuman Lolos Final |
4. | 16 Maret 2021 | Technical Meeting |
5. | 17 – 19 Maret 2021 | Pengumpulan Power Point |
6. | 20 Maret 2021 | Presentasi Lomba (08.00 – Selesai) |
7. | 21 Maret 2021 | Webinar dan Pengumuman Pemenang (09.00 – Selesai) |
Hadiah Lomba
Juara | Detail Hadiah |
Juara 1 | 1,000,000.00 + E-Sertifikat + Freepass IT Telkom Surabaya |
Juara 2 | 750,000.00 + E-Sertifikat + Freepass IT Telkom Surabaya |
Juara 3 | 500,000.00 + E-Sertifikat + Freepass IT Telkom Surabaya |
Finalis | Sertifikat Finalis |
Benefit Lomba
No. | Keterangan |
1. | E-Sertifikat seluruh peserta yang mendaftar |
2. | Wawasan Internet of Things dari narasumber Webinar |
3. | Pengalaman Berkarya |